Oleh Peserta PembaTIK Level 4, SRB Sumsel 2020, Amalia, M. Pfis
Assalamu Alaikum Wr. Wb
Apa kabar Sahabat Rumah Belajar ? Mudah-mudahan selalu dalam keadaan sehat ya. Kali ini saya akan memposting tentang Tugas Vlog yang menjadi tugas Akhir PembaTIK level 4 tahun 2020.
Sebelum ke penilaian, kita lihat dulu ya kriteria tugas akhir Vlog PembaTIK level 4.
- Materi yang disajikan tentang bagaimana mensosialisasikan program Portal Rumah Belajar, bagaimana Inovasi pembelajaran/ implementasi mata pelajaran yang diampunya dengan memanfaatkan Layanan Pusdatin terutama portal Rumah Belajar.
- Mengikuti kriteria Video di Level 3 (file bumper dan logo pada laman : http://ringkas.kemdikbud.go.id/bumperrumbel)
- Kelancaran Komunikasi
- Pembawaan diri depan kamera (luwes)
- Share ke medsos dengan menambahkan hastag #PusdatinKemendikbud #PembaTIK2020 #DutaRumahBelajar2020 #RumahBelajar2020 #BerbagiTIK
- Jumlah views, share, likes
Penilaian Vlog
A. KUALITAS TEKNIS
à Poin 25
* pencahayaan
à Subjek terlihat sepenuhnya dengan pencahayaan
yang baik. Poin 5
* Komposisi à subjek ditempatkan tepat dibingkai dengan kepala
yang memadai dan ruang lengan. subjek
muncul di tempat yang sesuai ukuran dalam
bingkai. Poin 5
* background
setting à latar belakang dan pengaturan lingkungan sesuai dengan subjek dan kontennya. Poin 5
*Narasi/audio à narasi terdengar
jelas dan bisa didengarkan. tidak ada kebisingan lataratau gema atau audio lain yang tidak diinginkan. Volume suara
terdengar stabil. Poin 5
* caption à teks video tersedia dan hanya kesalahan kecil dikapitalisasi, tanda baca, ejaan, pembicara identifikasi, spasi dan waktu. Poin 5
B. ASPEK PRESENTERÃ poin 45
* kecepatan narrator à Narasi disampaikan
pada kecepatan yang wajar terdengar dan memberikan waktu untuk memproses dan
paham isinya. Poin 6
* kejelasan naratorà kalimat
dan kata yang digunakan jelas dan bisa dimengerti peserta. Poin 6
* kesimpulanà video diakhiri
dengan ringkasan singkat dari poin-poin penting dan tindak lanjut yang harus dilakukan sesuai dengan tujuan. Poin 6
*interaktif à Pemrbicara bersemangat dari ucapan, postur, gerakan
dan Perangai. Poin 10
* percaya
diri à narrator merasa
nyaman dan percaya diri di depan mic dan kamera serta tidak gugup. Poin 7
*Penampilan à penampilan menarik dan atarktif. Poin 10.
C. ASPEK INFROMASI Ã Poin 20
* penguat pesan à Video menggunakan teks di layar, gambar atau simbol (misalnya 2 atau 3 kata kunci, perubahan warna) untuk menguatkan hal
penting. Poin 4
* Segmentasi Materi à materi berdasarkan topik spesifik yang disusun
secara logis dan efektif serta focus terkait inovasi pembelajaran/implementasi
mata pelajaran yang diampunya dengan memanfaatkan layanan Pusdatin (Rumah
belajar). Poin 4
* Efektivitas
informasià Video menyajikan informasi yang membantu
siswa/panitia mencapai tujuan belajar tanpa informasi lain yang tidak relevan. Poin
4
*Durasi video à 3
sampai 7 menit. Poin 2
*Petunjuk à Narator menunjukkan poin-poin penting, kelebihan yang
dimiliki, infromasi berisi petunjuk yang dapat diamati. Poin 2
*Jumlah likes à Poin 4
D. Terdapat
unsur Inovasi dan leadership serta kolaborasi, POIN 10
Mantap bu amel..informasinya sangat lengkap
BalasHapusiya bu, tinggal action hehe
HapusMakasih bu Amel
BalasHapussama2 ibu
Hapus